Sunday, December 1, 2013

Arti Sebuah Komunitas Sel

Mungkin kita sudah sering dengar kata-kata tentang komsel dari teman-teman kita yang beragama nasrani.
Namun apa sih komsel itu? Dan pentingkah komsel itu?
Komsel merupakan singkatan dari komunitas sel. Komunitas sel ini berguna untuk membantu pertumbuhan rohani dalam suatu komunitas gereja.

Pada saat sabtu kemarin, saya mengikuti kegiatan komsel dari komunitas rohani gereja dekat rumah saya.
Dalam komsel ini kami sabtu kemarin membahas tentang arti pujian dan penyembahan. Dan pembahasan ini dibawakan oleh teman saya Daniel. Dalam pembahasan ini banyak sekali pandangan pandangan teman teman komsel yang unik dan membuka pandangan saya. Dan beberapa hal yang menyentil padangan saya dan ternyata apa yang saya pikirkan tidak demikian. Pujian dan penyembahan ini penting dalam pertumbuhan rohani dan merupakan suatu keharusan karena dalam pujian dan penyembahan, kita belajar untuk bersyukur dan menyadari bahwa berkat berasal dari Bapa Sang Pencipta.

Setelah komsel selesai, kemudian saya pun berjalan ke rumah pacar saya. Dan disini lah hal yang paling menarik terjadi. Sepanjang perjalanan saya teringat kembali pembahasan di dalam komsel tadi. Saya teringat kata kata brother Danil tentang pentingnya misa. Saya teringat kembali bahwa misa (ekaristi) sangat penting. Banyak dari umat katolik yang lupa dan bahkan cenderung tidak tau mengapa kita umat katolik wajib mengikuti misa setiap minggu. Ekaristi sangatlah penting karena merupakan penyembahan tertinggi kepada sang pencipta. Karena dalam perjamuan makan malam yang terakhir, Tuhan kita Yesus kristus menyerahkan tubuh dan darahnya sebagai penyembahan terakhir untuk Sang pencipta dan menjadi jembatan antara manusia dan Tuhan yang putus karena dosa. Oleh sebab itu kita wajib untuk mengikuti ekaristi daripada semua kegiatan rohani lain. Selain itu saya jadi mulai menyadari mengapa peranan komsel sangat penting dalam suatu komunitas gereja.

Sebagai perumpamaan sapu lidi, jika 1 lidi kita akan mudah untuk dipatahkan namun jika banyak lidi maka kita akan susah mematahkannya. Tuhan tau kalau kita sebagai manusia tidak dapat berjalan sendiri dan membutuhkan bantuan sesama untuk saling menguatkan dan menyadarkan. Dalam komsel, kita bisa belajar banyak hal. Dimulai dari mengenali macam-macam pribadi dan bagaimana cara mereka menghadapi berbagai macam permasalahan, kita juga bisa belajar dari pengalaman-pengalaman teman komsel, dan terkadang Tuhan memakai teman-teman komsel untuk menyadarkan kita tentang kebaikan Tuhan dan mengambil keputusan yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Dan dari komsel kita belajar untuk menerima setiap kekurangan pribadi dan belajar memperbaiki diri kita untuk menjadi lebih baik lagi. Yang menjadi permasalahan adalah maukah kita dibentuk olehNya?






0 comments:

Post a Comment